Minggu, 07 Desember 2014

JADAH BAKAR



Jadah Bakar



Sebenarnya jadah ini merupakan makanan tradisional yang dapat ditemui di beberapa daerah di jawa.
Tapi ada yang berbeda sama jadah boyolali ini dengan jadah kota yang lain, yaitu cara penyajiannya. Kalo jadah Boyolali ini melalui proses dibakar terlebih dahulu. Bahan dasar jadah sendiri terdiri dari beras ketan putih dan kelapa.
Kawasan di Boyolali yang terkenal dengan Jadah Bakarnya adalah daerah Selo. Jadah Bakar ini meruapakan makanan favorit bagi para pendaki gunung itu dikarenakan Selo yang terletak diantara wisata alam pegunungan yaitu Gunung Merbabu dan Merapi.
Dengan adanya jalur Solo ke Borobudur membawa berkah tersendiri bagi para pembuat jadah bakar, karena membuat jadah bakar semakin terkenal dan juga bisa dinikmati semua orang terutama para wisatawan.
Jika anda pernah ke kawasan Kaliurang Jogjakarta, mungkin anda juga pernah menemukan sajian menu yaitu Jadah. Pasti anda bisa membedakan perbedaan antara jadah bakar selo dengan jadah bakar kaliurang. Jika jadah yang ada di selo-boyolali di bakar terlebih dahulu dan disajikan bersama serundeng yang dibumbui gula jawa, sedang jadah yang ada di kaliurang tidak di bakar terlebih dahulu (sekarang ada juga yang di bakar juga sich) dan penyajiannya pun tidak dengan serundeng melainkan dengan tempe bacem.
Untuk penyajiannya sendiri, biasanya jadah ini disajikan memakai piring rotan yang diberi alas daun pisang. Jadah bakar ini akan semakin nikmat jika disantap dengan cara dicocol dengan serundeng.
Jika anda yang dari Solo mau ke Borobudur dengan melewati daerah Selo-Boyolali, jangan lupa untuk singgah sebentar untuk menikmati lezatnya Jadah Bakar khas Selo-Boyolali ini. Selain rasanya yang gurih dan nikmat, jadah bakar juga bisa menjadi penghangat tubuh, apalagi daerah Selo-Boyolali terkenal memiliki suhu dingin.
Jangan lupa bawa sedikit Jadah Bakar sebagai oleh-oleh untuk kerabat dan famili di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar